Hal yang Harus Dilakukan Solo Traveller Pemula


Traveling adalah kegiatan seru yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung kondisi dan situasi pada saat kamu melakukannya. Kalau kamu tidak punya punya cukup uang tapi memiliki banyak waktu ada cara backpacking, kalau kamu punya cukup uang dan waktu tapi ingin merasakan sensasi liburan yang lebih bebas ada cara flashpacking, atau kalau kamu tidak ada travelmate yang bisa diajak liburan bersama ada cara solo traveling yang sekarang lagi digandrungi banyak orang.

Dengan melakukan solo traveling, kamu bisa pergi ke tempat yang ingin kamu tuju tanpa perlu takut kesepian dan bebas melakukan kegiatan seru tanpa harus bergantung pada orang lain. Pengalaman yang bisa kamu dapat saat solo traveling pun sangat luar biasa. Namun solo traveling termasuk kegiatan seru yang tergolong nekat. Kalau kamu tidak benar-benar siap, justru pengalaman yang kurang baik yang akan kamu dapat. Jadi sebaiknya, sambil kamu malakukan booking kamar hotel online, pelajari juga beberapa hal yang harus disiapkan oleh seorang solo traveler pemula berikut ini:

     Yakinkan Diri
Untuk melakukan solo traveling, pastikan kalau kamu merasa benar-benar ingin dan siap untuk melakukannya. Sebagai pertimbangan, saat solo traveling kamu akan dipaksa untuk benar-benar hidup mandiri. Kemana-mana akan lebih sering sendiri, booking kamar hotel online juga sendiri dan kamu tidak akan bisa sharing cost, mau foto pun harus selfie, pasang tripod, atau meminta bantuan orang lain terlebih dahulu, dan kalau terjadi hal yang tidak diinginkan kamu hanya bisa mengandalkan orang di sekitar yang belum tentu bisa membantu. Itulah sebabnya seorang solo traveller dituntut untuk memiliki keberanian dan keyakinan yang kuat. Jika ragu dan takut, sebaiknya kamu ajak beberapa orang teman untuk liburan bersama. Dengan keraguan, perjalananmu akan terasa kurang menyenangkan. Bahkan mungkin kamu malah ingin kembali pulang sebelum mencapai tujuan yang ingin direncanakan.

     Nikmati setiap prosesnya
Meskipun solo traveling itu sangat menyita tenaga, materi, dan waktu, tapi semua itu akan berubah jadi hal yang sangat berkesan kalau kamu bisa menikmati setiap proses yang dilalui. Jangan hanya berorientasi pada tempat tujuan karena mungkin saja selama perjalanan kamu akan mendapatkan hal yang jauh lebih berkesan dibanding tempat liburan yang ingin kamu tuju.

     Jangan Terlihat Sendiri
Meskipun kamu sedang jalan-jalan sendirian, jangan sampai kamu benar-benar terlihat sedang sendirian, terutama saat berada di tempat yang dirasa rawan terjadi tindak kejahatan. Misalnya dengan menceritakan di media sosial kalau kamu lagi sendiri di suatu tempat yang sepi dan sebagainya. Hal ini dikhawatirkan dapat memancing perhatian orang yang berniat jahat danseolah memberi kesempatan pada mereka untuk melakukan hal yang buruk. Ingatlah ucapan Bang Napi yang melegenda, ‘Kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat daripelakunya, tapi karena ada kesempatan. Waspadalah!’

     Rajin cari Informasi
Jangan melakukan solo traveling tanpa memiliki informasi yang cukup tentang tempat yang akan dituju, bagaimana cara untuk mencapai tempat tersebut, aturan dan kebiasaan masyarakat di tempat yang dilalui, cara menghadapi hal yang tidak diinginkan, dll. Dengan informasi yang cukup dan akurat, kamu bisa membuat rencana perjalanan yang lebih matang.

Carilah informasi ini dari media terpercaya, orang lain yang pernah berkunjung ke tempat yang kamu tuju, atau seorang solo traveller berpengalaman di internet. Sambil mencari informasi, jangan lupa juga untuk cari hotel di reservasi.com agar kamu bisa mendapat kamar hotel pilihan dengan penawaran harga terbaik.

     Selalu Mengabarkan Orang Terdekat
Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, rajinlah mengabari orang terdekat dan terpercaya  tentang di mana kamu berada. Jadi jika terjadi hal yang buruk, mereka bisa dengan mudah menukan keberadaanmu.

     Bawa Perlengkapan Memadai
Mengingat kamu akan dituntut untuk sangat mandiri, bawalah segala perlengkapan yang paling bisa mumudahkan setiap hal yang dilakukan Selama Solo traveling seperti tongsing, powerbank, baterai cadangan untuk kamera dan handphone, P3K, dan sebagainya. Khusus untuk smartphone, pastikan kamu selalu membawa peralatan pengisi daya tersebut agar smartphone milikmu bisa selalu menyala  selama perjalanan karena benda yang satu ini sangat penting

     Fisik yang Prima
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, solo traveling bukan hanya menyita uang dan waktu, tapi juga tenaga. Untuk itu, pastikan kamu melakukan solo traveling dalam kondisi fisik yang baik. Usahakan untuk melakukan olah raga ringan setidaknya 3 kali seminggu sebulan sebelum melakukan solo traveling. Dengan begitu, kamu akan lebih kuat dalam mengarungi perjalanan solo yang panjang.


Bagaimana, masih tertarik untuk mencoba solo traveling? Kalau iya, ayo rencanakan dari sekarang dan siapkan segala macam kebutuhannya. Untuk kebutuhan penginapan saat solo traveling, jangan lupa untuk mempelajari terlebih dahulu penginapan yang paling sesuai dengan bujet sebelum booking kamar hotel online. Untuk mendapatkan kamar hotel dengan penawaran harga terbaik, kamu bisa cari hotel di reservasi.com. Mudah, kan? 


EmoticonEmoticon