Lakukan ini Saat Anak Tidak Mau Minum Susu Untuk Anak 1 Tahun


Anak-anak membutuhkan gizi dan nutrisi yang dapat mendukung daya tumbuh kembangnya. Tidak semua yang baik untuk orang dewasa juga baik untuk si kecil. Itu artinya apa-apa yang diberikan kepada anak juga harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si kecil. Hal ini juga berlaku pada pemilihan
susu untuk anak 1 tahun.

Susu turut berperan penting dalam menjaga kesehatan dan daya tumbuh kembang anak. Anak usia satu tahun belum bisa mengonsumsi banyak makanan, itu artinya pemenuhan nutrisi pada si kecil harus dilengkapi dengan pemberian susu. Tapi bagaimana jika si kecil tidak mau minum susu? Tentu Anda sangat khawatir dibuatnya. Untuk itu simaklah tips berikut ini saat anak enggan minum susu.

Memberikan susu di malam hari
Ketika anak rewel di malam hari karena haus dan lapar, Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk memberikan susu pada anak. Anak-anak yang mengantuk bisa saja tidak sadar jika yang Anda berikan adalah susu. Gendong bayi atau posisikan si kecil dalam keadan berbaring agar lebih mudah memberikan susu untuk anak.

Perhatikan pemilihan botol susu
Banyak faktor yang menjadikan anak tidak mau minum susu. Entah karena rasa yang kuran enak atau karena anak sedang tidak enak badan. Inilah tugas Anda yang harus selalu peka terhadap apa yang tengah dirasakan si kecil. Apabila anak tidak mau minum ASI langsung dari Anda, sebaiknya disiasati dengan memompa ASI lalu menempatkannya pada botol susu.

Tidak selesai di situ, pemilihan botol susu inipun penting untuk diperhatikan. Agar anak tetap merasa nyaman saat minum susu, pastikan Anda memilihkan botol susu yang bentuk putingnya hampir seperti payudara ibu.

Perhatikan posisi saat memberikan susu pada anak
Ketika anak tidak lagi mau minum susu dari ibu, Anda tetap harus mencari cara agar anak tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. Salah satunya adalah dengan memberikan susu formula. Namun karena anak sedang tidak mau minum susu, maka coba gendong bayi sembari diayun pelan dan mulai dekatkan botol susu pada mulut bayi.

Alihkan perhatian si kecil
Pada kondisi tertentu mungkin anak akan menolak minum susu. Untuk bisa memberikan susu kepada anak, coba ajak anak bermain atau memberikan mainan yang disukainya. Saat anak sudah asyik bermain, Anda bisa pelan-pelan memberikan susu pada anak. Tidak mudah memang, tapi cara ini tetap disarankan untuk dilakukan. Apalagi anak belum bisa mengatakan mengapa ia tidak mau minum susu. Lebih dari itu anak membutuhkan susu agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.
Bersabar
Semua orang tua pasti merasa khawatir saat anak tidak mau minum susu. Alhasil kadang tidak jarang dijumpai orang tua yang langsung marah-marah dan memaksa anak untuk minum susu dengan cara yang tidak benar. Belajarlah bersabar dengan setiap perubahan yang muncul pada anak. Termasuk ketika anak enggan meminum susu. Jangan sampai Anda memaksa anak dengan cara yang tidak tepat, ini akan membuat anak merasa trauma dan semakin menolak susu yang Anda berikan.

Banyak penyebab yang menjadikan anak tidak mau minum susu. Oleh karena itu coba cari tahu apa yang menyebabkan anak enggan minum susu. Usai menemukan penyebabnya, Anda bisa pelan-pelan mencari solusi tepat untuk mengatasi masalah ini. Bisa dengan bertanya kepada orang tua, teman, atau berkonsultasi dengan dokter. 


EmoticonEmoticon