Mendesain Rumah Dengan Gaya Klasik Nan Modern


Rumah adalah istana bagi pemiliknya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan rumah sebagai tempat ternyaman, salah satunya dengan merubah tatanan atau desain rumah sesuai dengan selera. Ada banyak sekali ide untuk konsep desain rumah misalnya gaya minimalis, klasik, modern dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang menyukai gaya klasik untuk diaplikasikan pada desain rumah, mungkin bisa mengikuti tips dibawah ini, namun tentunya tetap dengan sentuhan modern agar tidak terkesan jadul. Ya, sekarang Anda juga bisa mengkombinasikan  dua gaya sekaligus untuk desain rumah, baik dengan menggunakan bantuan jasa perencanaan arsitektur yang sudah banyak bermunculan ataupun dengan desain sendiri.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan desain rumah dengan gaya klasik nan modern adalah sebagai berikut:

Cocok Diterapkan Untuk Rumah Yang Tidak Terlalu Luas
Biasanya rumah klasik identik dengan rumah yang besar dan memiliki banyak sekali ukiran atau hiasan klasik, namun Anda dapat merubah kesan tersebut dengan menggunakan rumah yang tidak terlalu besar sehingga akan muncul kesan kombinasi klasik dan modern.

Pilar-Pilar Besar Untuk Rumah
Untuk lebih menyeimbangkan konsep klasik dan modern pada rumah, Anda dapat membuat pilar-pilar besar yang cocok untuk bentuk rumah persegi dengan atap non simetris.

Gunakan Material Kayu Ukiran.
Untuk mendapatkan kesan hangat dan elegan, Anda bisa menambahkan material kayu dengan ukiran di beberapa bagian rumah seperti pintu atau jendela. Sehingga tidak perlu seluruh bagian rumah menggunakan material kayu dalam pembangunannya, cukup beberapa bagiannya saja. Biasa kayu yang digunakan merupakan Jati, Mahoni, atau Cendana dan dipilih yang mudah untuk diukir dengan menggunakan alat pertukangan kayu yang sederhana.

Ubah Desain Jendela
Apabila kita sering melihat gaya rumah klasik ala-ala kerajaan, pasti kita sering melihat selalu ada lengkungan diatas jendelanya. Hal ini bisa juga diterapkan untuk desain rumah klasik modern. Panel jendela yang dibuat dapat tetap dibuat persegi seperti kebanyakan rumah dengan ditambahkan sentuhan tirai minimalis untuk mempermanis tampilan jendela.

Perhatikan Model Atap Rumah
Model pada bagian atap rumah pun harus diseimbangkan dengan tema yang akan diusung dalam pembangunan rumah. Untuk rumah dengan gaya klasik modern, bagian atap rumah dapat dibuat berbentuk persegi ataupun model datar.


Itulah tadi hal-hal yang bisa diterapkan untuk hunian Anda jika ingin merubah konsep desain rumah dengan gaya klasik modern. Gaya ini meskipun terkesan kuno namun banyak yang meminati gaya hunian ini karena tetap ada sentuhan modern didalamnya. Tertarik untuk mencoba?


EmoticonEmoticon