Tata Cara Penggunaan Kartu E-toll Sebagai Kartu Pembayaran Jalan Toll Secara Efektif



Keadaan di jalan raya tidak pernah bisa diduga, karena penggunanya sangat banyak. Sebagai fasilitas umum dan memang diperlukan banyak orang, jalan raya akan selalu dipenuhi oleh para pengguna jalan di setiap harinya, bahkan selama 24 jam. Jumlah pengguna jalan pun tidak berkurang, tetapi malah semakin bertambah. Untuk itulah banyak terjadi kecelakaan karena kekurang hati-hatian atau karena ramainya jalan raya. Penggunaan e-toll ini juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi resiko buruk saat berkendara di jalan raya.

Jalan raya yang ramai oleh para pengguna jalan tidak jarang membuat banyak pengguna jalan menjadi kurang nyaman, karena macet. Setiap saat mereka harus mengalami kemacetan. Jika akan bepergian jauh, sudah pasti akan menghabiskan waktu berjam-jam dan alhasil tidak sampai di tempat tujuan tepat waktu, bahkan bisa keesokan harinya. Untuk itulah diperlukan jalan alternatif yang merupakan jalan khusus yang bisa diambil untuk menghindari keramaian, dimana jalan ini adalah jalan satu arah dan bebas hambatan. Namanya adalah jalan toll.

Namun untuk masuk jalan toll, kita harus mengeluarkan biaya tersendiri. Tidak mahal dan kenyamanan akan kita dapatkan karena sepanjang jalan tidak akan ada hambatan orang menyeberang, lampu lalu lintas, atau lainnya. Sejak kemunculannya, jalan toll menjadi primadona dan sangat cocok bagi masyarakat, sehingga banyak orang yang menggunakan jalan toll ini. Apalagi kini sudah diterapkan sistem GTO yang banyak memberikan kemudahan, diantaranya adalah :

1. Transaksi menjadi lebih cepat
Sistem GTO ini mengharuskan para pengguna jalan toll untuk menggunakan kartu e-toll sebagai kartu pembayaran di gerbang toll. Dengan menggunakan kartu ini, pembayaran akan menjadi lebih cepat. Gerbang toll pun akan jauh dari image macet.

2. Terhindar dari uang palsu
Karena menggunakan e-money yang ada di dalam e-toll, maka sudah pasti kita tidak akan melakukan transaksi secara langsung. Resiko mendapatkan uang palsu tidak akan terjadi lagi.

3. Terhindar dari kesalahan uang kembalian
Dengan e-toll, tidak ada transaksi uang kembalian, sehingga para pengguna jalan toll tidak akan mendapatkan uang kembalian yang kurang.

Tata cara penggunaan e-toll
Untuk pengaplikasian sistem GTO ini memang masih baru, sehingga banyak yang belum paham bagaimana cara menggunakannya. Untuk menggunakannya, kita harus mematuhi beberapa aturan, yakni :

1.Tempelkan kartu e-toll yang kita miliki saat kita baru saja masuk ke gerbang toll masuk. Tempelkan langsung di mesin yang telah disediakan.

2. Beberapa saat kemudian, kartu akan terbaca oleh mesin dan membuat pintu palang masuk jalan toll terbuka. Jika palang terbuka, maka langsung tarik e-toll yang kita tempelkan tadi.

3. Simpan lagi kartu e-toll kita untuk kita gunakan pada gerbang toll keluar nantinya.

4. Di gerbang toll keluar, penggunaan kartu e-toll ini akan berbeda dengan di gerbang toll masuk, yakni kita harus menyerahkan kartu e-toll kepada petugas untuk dibantu melakukan transaksi.

Sistem GTO ini sangat mudah dan praktis. Pergunakan kartu e-toll kita dengan sebaik-baiknya. Segera isi ulang saldo jika sudah habis agar bisa digunakan kapan saja saat melintasi jalan toll.



EmoticonEmoticon