Bisakah Kredit Rumah Tanpa DP ? Simak Penjelasannya Berikut Ini!!!


Sekarang ini hampir tak mungkin membeli rumah tanpa Kredit Pemilikan Rumah alias KPR. Harga tanah dan properti yang semakin tinggi semakin menyulitkan orang untuk bisa membelinya secara tunai. Kecuali jika kamu dalam kondisi khusus seperti mendapatkan warisan tentunya. Namun kredit rumah sendiri tak selalu bisa diawali dengan mudah, lantaran adanya downpayment alias uang muka. Bagaimana caranya supaya bisa dapat kredit rumah tanpa DP?

Bayangkan, jika harga rumah Rp200 juta, dan DP yang harus dibayar 20% dari harga rumah. Itu berarti kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp40 juta. Padahal tidak semua orang mempunyai dana sebesar itu di rekening mereka. Tentu akan sangat memusingkan jika harus meminjam lagi demi membayar DP, bukan? Inilah sebabnya kenapa banyak yang mencari cara untuk menghindari pembayaran uang muka. Cara untuk mendapatkannya sebenarnya ada beberapa, asalkan kamu mau sedikit berumit-rumit ketika melakukannya. Cara pertama yang paling mudah dan menguntungkan adalah memanfaatkan adanya promo dari pengembang rumah. Tahukah kamu bahwa banyak developer yang sebenarnya sangat mengejar target penjualan mereka, dan karena itu, mau jor-joran dalam melakukannya dengan membebaskan biaya untuk uang muka? Bahkan tak jarang, mereka membebaskan kamu dari biaya administrasi lainnya. Tapi ingat, pilih pengembang yang: 

1. Bisa dipercaya, terlihat dari adanya badan hukum sah yang dimilikinya (kamu bisa cek ke kantor pajak kalau perlu).
2. Sudah punya nama baik dengan adanya bukti.
3. Tak ada sengketa dalam sejarah pengembang tersebut.
4. kamu mendapatkan sertifikat rumah kamu secara resmi.

Trik kedua adalah dengan memanfaatkan diskon dari pengembang rumah. Diskon biasanya dilakukan ketika akhir tahun atau di masa-masa promosi. Caranya adalah:

Pergilah ke tempat pameran atau langsung ke pihak pengembang.
Tanyakan adakah diskon dari mereka. Biasanya ketika di akhir tahun atau promosi, diskon bisa mencapai 30% dari harga rumah yang kamu incar. Ajukanlah kredit ke pihak bank dengan harga rumah yang asli sebelum diskon. Selisih dari harga tersebut akan bisa kamu ajukan sebagai DP. Pastikan kamu sudah mendapatkan kesepakatan dari pengembang agar cara ini bisa berhasil.

Selain kedua cara di atas, cara lain agar kamu bisa mendapatkan kredit rumah tanpa DP adalah dengan mencari rumah yang nilai jualnya di bawah harga pasaran. Namun kamu harus ingat, cara seperti ini tidak selalu bisa diandalkan, karena membutuhkan proses yang lama. Kalau kamu memang berniat untuk mencari rumah dengan harga yang ada di bawah harga pasaran, maka kamu harus rajin mencari tahu tentang harga properti, dan kemudian rajin mencari rumah di daerah yang tepat. Agar kamu bisa mendapatkan rumah yang harganya ada di bawah harga pasaran, kamu bisa mencarinya dari sini:

1. Belilah rumah yang sedang dijual dalam keadaan urgent atau terdesak, karena pemiliknya sedang butuh dana segar.
2. Cari rumah yang berada di daerah agak di pinggiran kota, sehingga harganya lebih rendah. Tentu saja, kamu juga harus mempertimbangkan tentang biaya transportasi yang diperlukan untuk pulang-pergi kerja dan sekolah.
3. Pilih rumah yang sudah agak tua, karena harganya biasanya lebih rendah. Namun hitung-hitung juga perkiraan biaya untuk renovasi, usahakan agar tidak terlalu melebihi budget kamu.
4. Beli rumah lelang, terutama rumah yang disita dari pemilik yang tak sanggup melunasi KPR yang diambilnya. Rumah-rumah seperti ini dilelang oleh bank dengan harga yang lebih murah, di bawah harga yang ada di pasaran.

Cara lain lagi agar kamu bisa dapat rumah tanpa dp adalah dengan melakukan mark up harga jual properti atau rumah yang kamu incar. Sebagaimana dengan cara lain di atas, kamu pun harus sudah bekerja sama dengan developer ataupun penjual. Inilah caranya:

1. Carilah rumah yang berada di luar perumahan, atau yang umurnya cukup tua, untuk mencegah bank tahu harga aslinya. Contohnya, kamu membeli rumah seharga Rp200 juta, dengan DP 20%.
2. Ajukan kredit kepada bank. Ingatlah, bank biasanya akan memberikan sekitar 80% dari harga rumah asli. Jadi naikkan harga rumah dulu.
3. Laporkan kepada bank bahwa rumah tersebut berharga Rp250 juta (sesuai kesepakatan dengan pengembang).
4. Pinjaman Rp200 juta didapat, sebagai DP dan harga rumah.

Kalau cara di atas masih belum sempat kamu lakukan, atau belum berhasil, carilah pengembang yang sedang dikejar target. Mirip seperti pengembang yang sedang melakukan diskon, hanya saja pengembang ini tidak promosi. Hal ini bisa terjadi lantaran biasanya ada perjanjian antara bank dan pengembang berupa dana dari pengembang yang ditahan bank.

Salah satu dari cara di atas seharusnya bisa membantu kamu dalam mencari kredit rumah yang tak membutuhkan DP. Namun hal ini barulah permulaan saja. Berikutnya adalah, kamu harus bisa membayar angsuran kamu dengan rajin, lakukanlah hal berikut:

1. Buat rekening sendiri untuk membedakan antara uang keperluan sehari-hari dan angsuran, sehingga tak keliru dipakai.
2. Begitu terima gaji, langsung bayar angsuran, tanpa menunda-nunda.
3. Berhematlah dengan pengeluaran kecil-kecil seperti rokok dan makan di luar, ini akan menghemat cukup banyak dana.

Itulah beberapa cara kredit rumah tanpa DP yang bisa kamu praktekkan. Perlu diingat, kamu harus sangat berhati-hati ketika melakukannya. Selalu bekerja sama dengan pengembang atau penjual jika kamu ingin mendapatkan kreditrumah tanpa DP. Namun jika kamu mampu, sebaiknya lakukan saja pembayaran sesuai prosedur.


EmoticonEmoticon