Harga Genset Mahal Tapi Bingung Cara Merawatnya? Inilah Tips Merawat Genset Yang Wajib Diketahui



Sebagian orang mungkin masih berpikir dua kali mengenai harga genset. Namun sebagian lagi tidak memikirkan akan hal itu, yang dipikirannya hanya bagaimana agar bisa tetap beraktifitas dengan nyaman saat listrik dari pusat dilakukan pemadaman secara bergilir. Generator set atau biasa orang-orang menyebutnya genset merupakan mesin yang memiliki fungsi untuk menghasilkan daya listrik.

Alat ini sangat mudah ditemui di rumah-rumah, kantor, toko, perusahaan dan instansi-instansi pemerintah. Ada saatnya listrik PLN mengalami gangguan dan adanya pemadaman, genset inilah yang berfungsi sebagai penyuplai listrik cadangan pengganti PLN.

Sama halnya dengan mesin mesin lainnya ternyata genset juga membutuhkan perawatan secara berkala. Perawat genset menjadi hal yang sangat penting yang harus Anda lakukan, tidak sedikit yang mengabaikan hal penting ini hingga menjadi bumerang untuk dirinya sendiri. Seperti yang telah terjadi peristiwa meledaknya genset yang menewaskan orang yang disebabkan dari racun yang dikeluarkan dari genset tersebut.

Berangkat dari peristiwa yang telah terjadi tersebut, memperhatikan perawatan genset sangat penting, agar tidak terjadi peristiwa yang sama di tempat lain. Dengan melakukan perawatan dan pengaplikasian genset dengan tepat akan meminimalisir peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan. Inilah tips merawat merawat genset dengan baik yang wajib Anda ketahui.

Menjaga kebersihan genset

Sesering mungkin lakukanlah pengecekan pada bagian radiator genset, jika ada debu, minyak dan air yang menempel segera bersihkan. Tujuan sering membersihkan genset adalah agar genset selalu terlihat bersih dan tidak mudah rusak meskipun telah dipakai dalam waktu yang lama. Disamping itu menjadikan genset bekerja dengan optimal.

Memastikan genset sudah dioperasikan dengan benar

Ada baiknya Anda membaca dan mempelajari buku petunjuk tentang tata cara penggunaan sebelum mengoperasikan genset. Jadi dapat dipastikan dalam pengoperasian genset telah menggunakan cara yang benar, sehingga apabila terdapat kerusakan bukan lagi menjadi kesalahan Anda.

Letakkan genset pada tempat yang kering dan terdapat sirkulasi udara

Genset bukan mesin yang dapat diletakkan disembarang tempat. Perawatan dalam menempatkan genset menjadi hal yang sangat penting. Jika Anda meletakkan genset dengan sembarangan yang terjadi akan cepat rusak karena terkena panasnya sinar matahari dan air hujan, dan bahkan akan memunculkan sengatan listrik. Sangat membahayakan bukan?

Menempatkan genset pada tempat yang memiliki sirkulasi udara menjadi hal yang wajib dilakukan, sehingga gas yang dikeluarkan genset dapat terbuang racun dan gas yang berasal dari genset tidak akan terhirup oleh orang yang berada di sekitarnya.

Pengecekkan umum

Pengecekkan ini sangat mudah untuk dilakukan dan dapat dilakukan pada semua jenis genset. Mulai dari genset dengan harga yang murah sampai dengan genset yang berharga mahal. Namun tentunya harga genset yang mahal juga memiliki kualitas yang tinggi juga. Yang dapat Anda kerjakan saat melakukan pengecekkan umum adalah memeriksa tutup tangki bahan bakar genset Anda, panel, atau tombol system start.

Ganti oli mesin secara rutin

Seperti halnya sepeda motor Anda juga perlu mengganti oli mesin genset. Segera ganti oli yang sudah keruh dan menghitam dengan yang baru. Jadwalkan pengecekkan oli pada mesin, maksimal Anda mengganti oli genset dalam waktu 6 bulan sekali.

Segera matikan mesin jika terjadi hal yang aneh

Jika terjadi hal-hal yang aneh pada saat genset dioperasikan, langkah yang dapat diambil adalah dengan mematikan mesin. Maksudnya hal aneh misalnya terdengar bunyi-bunyi atau suara-suara aneh dan hal aneh lainnya yang biasanya tidak Anda temui saat mesin genset dioperasikan. Agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan sebaiknya segera periksa sumber suara.

Mulai sekarang tidak perlu mengkhawatirkan harga genset yang mahal lagi, genset yang Anda beli dengan harga yang mahal akan awet jika tepat dalam merawatnya. Itulah cara merawat genset yang tepat yang dapat Anda lakukan agar genset tetap terawat dan tahan lama meskipun sering digunakan dan memiliki usia yang cukup tua. Semoga bermanfaat ya!


EmoticonEmoticon