Inilah Cara Mendapat Modal Dalam Merintis Bisnis


Pada saat mengambil keputusan untuk membuat bisnis sendiri, hal pertama yg terpikirkan yaitu apakah Anda mempunyai modal bisnis yang memadai? Modal adalah aspek yang sangat dibutuhkan dalam membuka bisnis sendiri. Tanpa adanya modal, satu gagasan bisnis hanya akan menjadi mimpi dan sulit untuk terwujud.  Besar atau kecilnya modal bergantung pada type bisnis yang akan dibuat. Misalnya toko kelontong, modalnya akan lebih besar daripada Anda membuat satu bisnis jual beli pulsa. Demikian halnya modal bisnis katering akan lebih mahal di banding modal bisnis untuk penerbitan yang sekarang ini dapat memakai digital.

Perlu diketahui, mendapatkan pinjam uang untuk modal bisnis tidak sesulit seperti saat tahun-tahun lalu yang hanya melalui jalur konvensional seperti bank. Saat ini banyak langkah untuk memperoleh modal bisnis jika itu orang lebih kreatif. Tidak percaya? Silahkan cek sebelas langkah mudah memperoleh modal untuk bisnis Anda :

1. Pinjam dari Bank dengan Jaminan

Bank adalah tempat yang seringkali dituju orang yang memerlukan modal bisnis. Ada program pinjaman dari bank yang disebut credit multi manfaat (KMG) di mana Anda memberi beberapa jaminan seperti aset property atau kendaraan bermotor pada bank. Bunga yang di tawarkan sekitar 9-12 % dengan tenor pinjaman lima sampai 20 th., tergantung jumlah pinjaman yang di ambil.

2. Pinjam dari Bank tanpa ada Agunan

Anda juga dapat meminjam uang ke bank dengan menggunakan sarana KTA atau Credit Tanpa ada Agunan. Pinjaman ini paling disukai dari pencari modal karna tetap memperoleh uang walau tanpa ada jaminan apapun. Bunganya lebih besar dari KMG yakni pada 10-23 %! Disarakan untuk mengambil tenor angsuran yang lebih singkat.

3. Menggunakan Tabungan

Anda tidak sukapunya hutang ke bank karna terasa bunganya terlalu tinggi? Anda dapat menggunakan tabungan untuk modal bisnis. Langkah tersebut  lebih aman karna tidak berisiko mempunyai hutang.

4. Jual Aset

Apabila Anda mempunyai aset seperti property, kendaraan bermotor, emas atau investasi lain yang menguntungkan, mengapa tidak di jual untuk dijadikan modal bisnis? Apabila bisnis Anda sukses, Anda dapat membeli aset yang sudah di terjual dengan yg lebih bagus serta semakin banyak.

5. Menggadaikan Aset

Sayang pada aset Anda? Nah mengapa tidak digadaikan saja pegadaian? Langkah tersebut juga bisa menguntungkan karna Anda tetap memperoleh modal bisnis, aset mereka tetap utuh. Namun jangan lupa untuk menebusnya kembali karna bila tidak aset itu akan diambil alih oleh pegadaian bila tidak ditebus. Walau sebenarnya harga gadai tidak sebanding harga aset itu bila di jual.

6. Pinjam dari Rekan atau Saudara

Cara lain yaitu coba memperoleh pinjaman pada orang orang dekat Anda seperti rekan, saudara, mertua, sepupu dan sebagainya. Pinjaman dari mereka mungkin seperti Anda meminjam di bank, namun pinjaman itu biasanya bebas bunga.

Modal bisnis yang diperoleh umumnya tidak sebesar dibanding mencari modal yang telah dijelaskan. Namun tak ada salahnya Anda mencoba bukan?

Tetapkan Bisnis Terlebih Dahulu

Sebelumnya pilih sebagian cara memperoleh modal bisnis seperti yang dijelaskan diatas, sebaiknya Anda mengambil keputusan bisnis apa yang akan ditekuni terlebih dulu. Anda harus mengetahui dengan detail apa saja yang perlu dilakukan termasuk resiko yang harus dijamin. Apabila Anda telah yakin untuk membuat bisnis dengan mandiri, nah tunggu apa lagi? Dapatkan langkah mencari modal bisnis yang tepat untuk Anda serta selamat mencoba menjadi enterpreneur


EmoticonEmoticon