Pilihan AC untuk Digunakan dengan Tegangan Listrik Rendah



Tanpa listrik, kira-kira apa yang bisa kita lakukan? Listrik seperti menjadi kebutuhan yang sangat penting. Kehidupan sehari-hari dan kelancaran pekerjaan bisa terganggu tanpa adanya listrik.

Namun apa jadinya jika listrik malah membuat kita merasa tidak nyaman? Contohnya adalah ketika listrik tiba-tiba padam padahal sedang kita gunakan. Misalnya ketika kita sedang menonton TV atau menikmati sejuknya kamar karena pendingin ruangan (AC).

Sumber listrik kita adalah PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang seringkali mengadakan pemadaman ketika beban mencapai puncak. Ada waktu-waktu tertentu dimana beban ini mencapai puncak sehingga mengakibatkan pemadaman listrik.

Untuk rumah yang berlokasi di kawasan perumahan, beban puncak biasanya terjadi pada pukul 10 malam. Namun hal ini berbeda untuk rumah yang terletak di tengah kawasan industri. Beban puncak di kawasan ini biasanya terjadi pada jam kerja.

Selain karena mencapai beban puncak, ada satu hal lagi yang mempengaruhi tegangan listrik pada setiap rumah. Hal tersebut adalah jarak trafo distribusi PLN dengan lokasi rumah konsumen. Jika jaraknya cukup jauh maka bisa jadi akan berpengaruh pada tegangan listrik dan frekuensi terjadinya pemadaman.

Hal ini tak hanya menimbulkan rasa kesal namun juga bisa berubah menjadi kondisi yang berbahaya. Kondisi under voltage dapat menyebabkan overheat atau panas berlebihan, malfungsi, sampai premature fail atau kerusakan dini.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akhirnya kita harus mengorbankan salah satu alat elektronik di rumah. AC menjadi salah satu alat elektronik yang sering dikorbankan. Namun sekarang tidak lagi!

Kini telah hadir inovasi dari Gree yang memunculkan AC Gree MOO standard. AC Gree MOO Standart menggunakan tegangan listrik yang rendah yaitu 150  volt. Meskipun begitu AC Gree MOO Standard memiliki kualitas yang sangat bagus dan bisa mendinginkan ruangan dengan cepat. Yang lebih penting lagi adalah, harga AC Gree MOO Standart sangat terjangkau.

Kini, dengan AC Gree MOO Standard kita bisa nyaman di rumah tanpa khawatir dengan tegangan listrik kecil atau naik turun.


EmoticonEmoticon