Cara Efektif Membuat Anak Gemuk Tapi Sehat




Apakah bunda sudah memberikan makanan pendamping ASI yang katanya bisa membuat bayi gemuk tapi belum berhasil juga? Atau bahkan bunda sudah berikan susu lantaran badan si kecil terlihat kurus sekali?
Sebenarnya, bunda tidak disarankan untuk memberikan susu formula sebelum usia bayi 1 tahun lho. Saat bayi berusia 6 bulan sampai 1 tahun, bunda hanya perlu memberikan menu MPASI dan ASI. 
Dan jika si kecil terlihat kurus, ini bukan berarti gara-gara bunda tidak memberikan susu. Salah besar jika susu dianggap sebagai minuman yang bisa membuat bayi gemuk. Salah total.
Jika bunda sudah melakukan hal yang terbaik tapi bayi tetap terlihat kurus, bunda perlu tahu cara membuat bayi gemuk dan padat. Ingat ya bunda, bukan asal gemuk. Ada lho bayi gemuk tapi justru tidak sehat lantaran di dalam tubuhnya terlalu banyak lemak. Yang bagus itu bayi gemuk dan padat. 
Bagaimana caranya?
Pertama, bunda harus pilih bahan makanan yang tepat. Agar bayi gemuk dan padat, makanan yang bunda perlu bunda berikan harus mengandung protein yang tinggi. Protein inilah yang akan membantu pembentukan daging sehingga berat badan bayi naik namun sehat. Beda jika badan bayi terlalu banyak lemak. Memang bayi gemuk tapi tidak sehat.
Ada banyak bahan makanan yang bisa bunda berikan yang kandungan proteinnya tinggi. Tentu bunda tidak asing dengan daging sapi, bukan? Sesekali bunda bisa buatkan bubur yang dicampur dengan daging sapi. 
Jika daging sapi ini terlalu mahal, bunda bisa ganti dengan kacang-kacangan. Jangan salah. Kandungan protein di dalam kacang-kacangan tidak kalah dengan protein di dalam daging. Bahkan, menurut peneliti gizi, protein di dalam kacang-kacangan juah lebih bagus karena ini protein nabati. Beda jika bunda berikan daging sapi karena kemungkinan masih ada kandungan lemak yang masih menempel pada daging tersebut. Belum lagi bakteri yang masih menempel pada daging lantaran kurang cepat bunda dalam proses memasaknya.
Kedua adalah jadwal makan. Percuma saja jika bunda hanya memberikan makanan yang tinggi protein. Itu bukan satu-satunya cara untuk membuat bayi gemuk dan padat. Bunda harus juga membuat jadwal pemberian MPASI kepada sang buah hati. Lakukan secara rutin. Berikan sarapan di pagi hari. Makan siang hari setelah ia bangun dari tidur siang dan makan malam sekitar 1 jam sebelum tidur. Jangan sampai bunda mengubah-ubah jadwal makan karena ini juga bisa menggagalkan bunda dalam proses membuat bayi gemuk dan padat.
Yang ketiga beraktivitas. Sama halnya dengan orang dewasa. Jika bunda makan terus, bisa saja berat badan bunda naik. Tapi apakah sehat? Tidak. Bunda gemuk karena lemak. Beda jika bunda makan yang banyak dan bergizi dan dibarengi dengan aktivitas seperti olahraga.
Begitu juga dengan bayi. Bunda harus membuat bayi terus beraktivitas pada waktunya. Jangan biarkan bayi diam. Ajak ia bermain. Ketika bayi sudah bisa merangkak, belikan mainan yang bisa membuatnya terus bergerak seperti bola. Biarkan ia menggelindingkan bola dengan tangannya lalu mengambil bola tersebut dengan cara merangkak. Ini akan membuat kandungan nutrisi terserap dengan baik. Lemak di dalam tubuh akan diubah menjadi energi. Dan tubuhnya akan semakin padat karena ototnya terus dilatih.
Jadi, jangan hanya memberikan makanan pendamping ASI ya bunda. Ajak anak beraktivitas juga.


EmoticonEmoticon