Makanan yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil untuk Memaksimalkan Perkembangan Janin



Perkembangan janin akan terjadi dengan optimal jika ibu mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang. Seperti kita ketahui bahwa apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan janin yang sedang dikandung. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk berhati-hati dalam memilih menu makanan.

Ketika dalam kondisi hamil, seorang wanita perlu memenuhi kebutuhan nutrisi sebanyak dua kali lipat dari kondisi biasa. Pertama, ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan nutrisi untuk diri sendiri agar tetap sehat selama mengandung. Kedua, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk janin dalam kandungan agar bisa berkembang secara optimal.

Pengetahuan mengenai jenis makanan yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sangatlah dibutuhkan. Akan sangat disayangkan jika ibu hamil tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya karena kurangnya pengetahuan. Kali ini kita akan membahas bahan makanan apa saja yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pilihan Makanan untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa jenis bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar perkembangan janin bisa berjalan dengan optimal :

1.    Telur

Ibu hamil membutuhkan protein yang cukup dan telur bisa menjadi sumber protein yang baik bagi ibu hamil. Selain terjangkau, telur juga mudah untuk didapatkan. Telur mengandung senyawa kolin yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan sang ibu.

2.    Daging Ikan Salmon

Selain protein dari telur, ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi protein yang berasal dari daging ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang sangat penting dalam pertumbuhan otak janin. Namun, proses pengolahan ikan salmon juga harus diperhatikan. Agar tidak berbahaya bagi janin maka sebaiknya tidak dimasak dengan tambahan MSG dan pengawet. 

3.    Kacang Polong

Ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi kacang-kacangan. Salah satu jenis kacang yang sangat baik untuk ibu hamil adalah kacang polong. Kacang polong bisa dijadikan pilihan camilan yang sehat bagi ibu hamil atau dijadikan sebagai bahan untuk makanan utama.

4.    Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak baik yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Alpukat memiliki kandungan vitamin B, K, dan E yang bisa membuat kulit bayi akan menjadi halus serta lembut. Selain mengandung banyak vitamin, alpukat juga memiliki rasa yang enak jadi akan membuat ibu hamil menjadi senang di masa kehamilannya.

5.    Daging tanpa Lemak

Zat besi memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan janin di dalam kandungan. Sumber zat besi bisa didapatkan dari daging tanpa lemak. Pastikan daging dimasak dengan cara yang higienis dan tidak menggunakan tambahan MSG maupun bahan pengawet makanan lainnya. 

6.    Susu

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi seimbang dan tidak hanya bisa didapatkan dari makanan saja namun juga perlu dilengkapi dengan minum susu. Banyak produk susu untuk ibu hamil yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih produk susu dengan kandungan paling lengkap sesuai kebutuhan tubuh ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Satu hal yang jelas, proses pengolahan makanan untuk ibu hamil harus dikontrol dengan baik. Pengolahan harus dilakukan dengan cara yang higienis dan jangan sampai menggunakan bahan pengawet. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk meminta saran makanan yang baik bagi perkembangan janin.


EmoticonEmoticon