Menyusui Bayi : Ini Dia Manfaat ASI bagi Sang Buah Hati



Menyusui bayi menjadi momen yang sangat berharga bagi seorang ibu. Berada dekat dengan sang buah hati dan mendekap erat tubuhnya yang mungil menjadi kesempatan berharga yang tak bisa diganti dengan apapun juga. Kesempatan menyusui si kecil menjadi sebuah anugerah yang harus disyukuri oleh setiap ibu.
Memberikan nutrisi terbaik untuk si kecil adalah kewajiban semua orang tua. Sebagai ibu, tentu anda berharap anak bisa mendapatkan asupan nutrisi terbaik sehingga ia bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. ASI menjadi nutrisi pertama dan terbaik yang bisa diberikan seorang ibu untuk anaknya. Sejak bayi dilahirkan ke dunia, ibu dapat memberikan nutrisi terbaik melalui ASI.
ASI bisa dikatakan sebagai pemberian terbaik seorang ibu untuk anaknya. Seperti kita tahu bahwa bayi yang baru lahir belum bisa mencerna makanan. ASI menjadi makanan pertama bagi seorang bayi dan menjadi sumber nutrisi terlengkap serta terbaik untuk mendukung tumbuh kembang bayi. 
Manfaat ASI untuk Bayi
Seorang ibu harus tahu apa saja manfaat yang bisa diberikan ASI untuk tubuh si kecil. Dengan memahami apa saja manfaat ASI, maka ibu akan menjadi lebih semangat untuk menyusui bayi dan berusaha sebaik mungkin agar bisa memberikan ASI berkualitas terbaik untuk bayi. Inilah dia beberapa manfaat ASI yang bisa dirasakan oleh tubuh bayi :
1.    Daya Tahan Tubuh
ASI menjadi sumber kekuatan bagi tubuh anak. ASI dapat membantu membentuk kekebalan tubuh dengan optimal. Bayi yang tidak mendapatkan ASI cenderung memiliki sistem kekebalan yang tidak sebagus bayi yang mendapatkan ASI secara eksklusif. Padahal, sistem kekebalan sangat penting untuk dimiliki agar anak tidak mudah jatuh sakit.

Tubuh bayi sangatlah lemah dan rentan terserang penyakit. Namun, tubuh bayi bisa menjadi kuat melawan beragam virus penyakit karena ASI membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. ASI menjadi perlindungan terbaik yang dapat diberikan ibu untuk anaknya.

2.    Kaya Nutrisi
ASI mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Seperti kita tahu agar bayi bisa bertumbuh dan berkembang dengan optimal maka bayi harus mendapatkan nutrisi yang lengkap. Nutrisi ini bisa didapatkan secara lengkap dari ASI yang diberikan dari sang ibu. Bahkan, ASI disebut sebagai sumber nutrisi terbaik dan terlengkap.

3.    Melindungi Bayi dari Alergi
Reaksi alergi pada bayi bisa datang kapan saja dengan sebab yang bervariasi. ASI tidak hanya melindungi tubuh bayi dari beragam serangan penyakit namun juga bisa membantu melindungi tubuh bayi dari alergi. 

4.    Sumber Makanan Higienis
Tubuh bayi masih sangat lemah dan sensitif. Apa yang masuk ke dalam tubuh bayi harus sangat diperhatikan mulai dari komposisi hingga kebersihannya. ASI menjadi satu-satunya makanan yang terjamin kebersihannya. ASI adalah sumber makanan higienis yang sangat aman diberikan kepada bayi.

Jika dibandingkan dengan susu lain, sudah jelas bahwa ASI tidak ada tandingannya. Apalagi jika ASI langsung diberikan dari ibu kepada bayi tanpa perantara seperti botol.

5.    Wujud Kasih Sayang untuk Bayi
Dengan menerima ASI dari sang ibu maka bayi akan merasakan kasih sayang yang begitu besar dari ibunya sendiri. Hal ini jelas sangat berpengaruh pada kondisi psikologis si kecil. Jika sejak kecil bayi merasa diberikan kasih sayang melimpah maka ia akan tubuh dan berkembang dengan optimal dalam penuh kebahagiaan.

6.    Mendekatkan Hubungan Ibu dan Anak
Memberikan ASI tidak hanya bisa bermanfaat untuk tubuh bayi sendiri tetapi juga untuk sang ibu. Memberikan ASI bisa memperkuat hubungan antara bayi dan ibu. Hal ini jelas menjadi sebuah anugerah yang tidak akan bisa dibeli dengan apapun juga. Tidak ada yang bisa menggantikan kedekatan hubungan ibu dan anak melalui pemberian ASI.
ASI adalah pemberian terbaik dari ibu untuk anak. ASI menjadi penghubung antara ibu dan anak. Lewat ASI pula ibu bisa melindungi anaknya dengan maksimal. Tak ada alasan bagi seorang ibu untuk malas memberikan ASI bagi anaknya. Apapun tantangannya, seorang ibu harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa menyusui bayi secara langsung.


EmoticonEmoticon