4 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Reksadana Pendapatan Tetap


Reksadana pendapatan tetap merupakan salah satu bentuk investasi yang bisa kita lakukan saat ini. Seperti kita tahu bahwa ada banyak sekali bentuk investasi yang bisa kita pilih. Setiap bentuk investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap orang juga tentu memiliki pilihan masing-masing, ingin berinvestasi dalam bentuk apa.

Reksadana merupakan salah satu pilihan investasi yang sampai sekarang masih dipandang menguntungkan. Ada beberapa jenis reksadana yang bisa kita pilih dan salah satunya adalah reksadana pendapatan tetap. Reksadana pendapatan tetap merupakan jenis reksadana dengan instrumen berupa obligasi atau surat utang.

Disebut sebagai reksadana pendapatan tetap karena jenis investasi ini bisa memberikan keuntungan pendapatan tetap dalam bentuk kupon. Meskipun memang tidak menjanjikan pendapatan tetap dalam bentuk uang namun jenis investasi ini tetap dinilai menguntungkan. Kali ini kita akan membahas sedikit informasi penting yang berhubungan dengan reksadana pendapatan tetap.

4 Hal tentang Reksadana Pendapatan Tetap
Memilih investasi memang tidak mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan pertimbangan matang agar anda tidak salah mengambil pilihan investasi. Begitu juga ketika anda ingin melakukan investasi reksadana pendapatan tetap, anda harus benar-benar tahu apa sebenarnya investasi reksadana pendapatan tetap itu. Jangan sampai anda memilih tanpa tahu seluk beluk investasi yang akan anda lakukan.

Berikut adalah 4 hal tentang reksadana pendapatan tetap yang perlu anda ketahui :

1.    Penggunaan Kupon
Investasi reksadana pendapatan tetap akan menggunakan kupon sebagai instrumen investasi. Obligasi yang anda investasikan akan memberikan pendapatan yang kemudian dikenal dengan nama kupon. Kupon ini nanti akan dibagikan setiap 6 bulan untuk jenis obligasi pemerintah sedangkan untuk obligasi korporasi kupon akan dibagikan setiap 3 bulan.

2.    Jatuh Tempo
Jenis investasi reksadana pendapatan tetap tidak memiliki aturan jatuh tempo. Perlu diketahui bahwa anda bisa mencairkan uang anda kapan saja anda membutuhkannya. Obligasi memang memiliki jatuh tempo namun jika sudah jatuh tempo maka manajer investasi bisa melakukan investasi kembali untuk obligasi yang baru.

3.    Resiko
Perlu diketahui bahwa setiap jenis investasi selalu memberikan resiko masing-masing. Jika kita memilih produk asuransi tertentu, maka kita harus tahu bagaimana resikonya dan seberapa besar resiko yang harus anda tanggung. Investasi reksadana pendapatan tetap memiliki tingkat resiko menengah. Artinya, investasi ini cukup aman dilakukan meskipun tetap ada resikonya.

4.    Cocok untuk Investasi Jangka Menengah
Investasi dilakukan agar kita bisa mempersiapkan diri untuk kehidupan di masa depan. Kondisi ekonomi yang matang di masa depan tentu menjadi harapan kita semua. Berinvestasi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan tabungan yang cukup di masa depan. Namun, anda perlu memilih jenis investasi dengan jangka waktu yang sesuai harapan.

Investasi reksadana pendapatan tetap merupakan jenis investasi yang paling tepat untuk digunakan sebagai investasi jangka menengah. Jenis investasi ini paling cocok untuk digunakan dalam jangka waktu 2 hingga 3 tahun. Namun, sebenarnya tidak masalah jika anda ingin terus berinvestasi reksadana pendapatan tetap asalkan anda sudah paham betul semua resikonya.

Itulah tadi 4 hal tentang reksadana pendapatan tetap yang perlu anda ketahui. Jika anda tertarik untuk melakukan investasi ini, maka coba konsultasikan dulu kepada pihak yang lebih berpengalaman agar anda bisa melakukan investasi dengan lebih mudah dan aman. Pahami semua prosedurnya dan pastikan anda tahu apa saja resiko yang akan anda tanggung jika melakukan investasi ini.


EmoticonEmoticon