Ini Dia Deretan Penyakit Serius yang Ditandai Sakit Dada Sebelah Kanan


Kebanyakan orang tidak terlalu menganggap serius saat mengalami sakit dada sebelah kanan . Hal ini dikarenakan alasan bahwa organ jantung berada disebelah kiri sehingga nyeri pada bagian dada kanan terkadang hanya dianggap sebagai rasa sakit biasa. Padahal perlu Anda ketahui, bahwa sakit yang Anda rasakan pada dada kanan merupakan pertanda awal tubuh mengalami kondisi tidak stabil atau bahkan kondisi yang mengancam kesehatan berbahaya terutama jika terjadi pada orang tua.

Biasanya dada Anda akan merasa nyeri, tertekan, perih, atau justru seperti tertusuk pada dada kanan baik rasa sakit tersebut hanya berlangsung singkat atau cukup lama. Namun, jika Anda merasakan sakit tersebut cukup sering, maka informasi berikut akan sangat penting untuk Anda ketahui. Ada berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya nyeri pada dada bagian kanan. Rasa nyeri yang dialami pada setiap orang umumnya juga akan berbeda-beda. Seperti beberapa keluhan nyeri pada bagian dada sebelah kanan berikut ini, yaitu:

  • Rasa sakit yang hanya timbul beberapa menit saja kemudian hilang atau bahkan sampai berjam-jam dan secara terus-menerus.
  • Pada beberapa kasus terkadang rasa sakit di dada juga disertai dengan nyeri seperti tertusuk, seperti ditekan atau bahkan terbakar.
  • Beberapa keluhan sakit akan bertambah pada saat melakukan aktivitas, batuk, bahkan pada saat menarik nafas.
  • Pada frekuensi sakit dibagian dada sebelah kanan yang perlu dikhawatirkan adalah jika sakit tersebut menjalar ke bagian tubuh yang lain. 
Agar dapat mengetahui dengan pasti faktor atau penyebab sakit yang Anda rasakan pada dada bagian kanan tersebut, sebenarnya perlu dilakukan diagnosa dokter terlebih dahulu. Sangat tidak disarankan jika Anda hanya mengabaikan atau membiarkannya begitu saja karena hal tersebut dapat menjadi pertanda sakit yang lebih serius, bahkan dapat mengancam keselamatan Anda dan berakibat fatal. Oleh sebab itu, di bawah ini akan kita bahas beberapa penyakit serius yang gejalanya dapat ditandai dengan rasa sakit dada sebelah kanan, antara lain

  1. Gangguan pernafasan yang terjadi pada organ paru karena penyumbatan pembuluh darah maupun cedera dapat menjadi salah satu penyebab sakit yang Anda rasakan di dada kanan.
  2. Pada beberapa kasus sakit yang Anda rasakan tersebut juga dapat menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami gangguan pencernaan yang dikarenakan organ pankreas mengalami peradangan.
  3. Jika sakit yang Anda rasakan di dada kanan datang secara tiba-tiba dan hanya dalam waktu beberapa menit saja kemungkinan besar hal tersebut di karenakan stress. Namun, hal ini juga tidak bisa dianggap sepele karena stress dapat memicu berbagai penyakit lain.
  4. Penyakit serius selanjutnya yang dapat terjadi dengan ditandai sakit di dada adalah organ hati yang mengalami peradangan atau hepatitis. Hal ini dikarenakan organ hati letaknya tidak jauh dari rongga dada sebelah kanan sehingga ketika hati mengalami rasa sakit yang serius akan menjalar ke dada.
  5. Kemungkinan lain yang dapat terjadi ketika Anda merasakan nyeri yang sangat sakit pada dada kanan adalah adanya cedera pada beberapa organ dalam di dada Anda seperti tulang, otot maupun saraf
Perlu Anda ketahui bahwa sakit yang terjadi pada organ dalam dapat menjadi permasalahan yang mengancam kesehatan, bahkan keselamatan Anda. Oleh sebab itu, mengetahui beberapa deretan penyakit serius yang ditandai dengan sakit dada sebelah kanan dapat Anda jadikan acuan ketika mengalami beberapa keluhan yang sama seperti di atas.


EmoticonEmoticon