Inilah Kelebihan Beli Mobil Bekas untuk Mobil Keluarga



Mobil kini menjadi kebutuhan siapa saja tanpa mengenal status sosial atau ekonomi. Pasalnya, mobil memang memiliki manfaat yang besar sebagai alat transportasi massal. Mobil bisa difungsikan sebagai mobil keluarga ataupun mobil niaga. Karena itu semakin banyak jumlah pembelian mobil di Indonesia. Bagi mereka yang belum memiliki uang cukup untuk membeli mobil baru, bisa juga beli mobil bekas yang memiliki harga lebih terjangkau dan tetap bisa menggunakan fasilitas cicilan.


Jika Anda juga membutuhkan mobil sebagai alat transportasi keluarga, namun belum memiliki uang yang pas atau tak berani mengambil cicilan mobil baru karena angsurannya masih besar, membeli mobil bekas merupakan pilihan yang bisa dilakukan. Tak perlu minder dengan tetangga yang membeli mobil baru karena jika Anda paksakan untuk membeli mobil baru secara kredit meski memiliki uang mukanya, namun jika merasa besaran angsuran masih memberatkan, bisa mengakibatkan masalah keuangan di kemudian hari. Lebih baik membeli mobil bekas dengan harga yang sesuai kemampuan namun masih memiliki mesin dan performa yang baik.


Bagi Anda yang ragu membeli mobil second, dari pengalaman banyak orang, ternyata ada juga kelebihan yang dirasakan dengan membeli mobil second ini dibandingkan dengan membeli mobil baru yaitu:

1. Harga yang lebih terjangkau.

Harga mobil bekas pastinya lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil baru. Hal ini bisa menjadi salah satu kelebihan yang sangat membantu Anda dalam menata keuangan apalagi jika Anda membeli mobil bekas secara cash.

2. Body mobil lama lebih kuat.

Memilih tipe mobil lama keluaran tahun 90an umumnya memiliki body yang lebih kuat dibandingkan mobil baru sekarang ini. Sebagai contoh Anda membeli mobil Isuzu Panther lama tahun 90an atau awal 2000 maka Anda akan mendapatkan body mobil yang kuat dan tak mudah penyok. Dibandingkan dengan mobil MPV baru sekarang yang mudah penyok akibat benturan sedikit saja maka mobil lama Anda justru bisa melindungi dengan lebih baik. Ini merupakan kelebihan beli mobil bekas yang paling dibutuhkan keluarga.


3. Mesin lebih kuat dan minim perawatan.

Mesin yang digunakan oleh mobil lama cenderung lebih awet dibandingkan dengan mesin mobil baru sekarang ini. Daya pakainya juga lebih lama sehingga semakin sering digunakan dan dibersihkan, akan memberikan kekuatan yang semakin baik.

4. Mudah diperbaiki.

Mesin mobil lama cenderung lebih mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan. Pada mobil manual lama misalnya, untuk melakukan service ringan, seseorang yang memiliki keahlian bisa membongkarnya sendiri di rumah. Namun untuk mesin mobil sekarang lebih sulit diperbaiki, dan bisa jadi untuk kerusakan kecil harus membutuhkan pergantian yang besar.

5. Body lebih bervariasi.

Mobil lawas memiliki body yang lebih bervariasi. Anda bisa menemukan mobil MPV dengan gaya kotak seperti Kijang, atau Panther. Ada juga yang memiliki body seperti kapsul pada Espass dan Carry. Untuk city car Anda bisa mendapati mobil kodok atau mobil kotak karimun.

Itulah kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh mobil bekas sehingga Anda tak perlu ragu untuk beli mobil bekas sesuai dengan kebutuhan dan keleluasaan keuangan Anda. Pastikan Anda mengecek kondisi mesinnya terlebih dahulu agar mendapatkan mobil yang bisa diandalkan hingga waktu yang lama. Mobil bekas selain bisa diandalkan sebagai mobil keluarga juga bisa Anda gunakan sebagai mobil niaga karena memiliki mesin yang lebih kuat serta body yang tidak mudah penyok meski terjadi benturan.


EmoticonEmoticon