Menghindari Rasa Gatal Setelah Operasi dengan Cara yang Praktis



Proses operasi Caesar yang dijalani ibu hamil akan berujung pada rasa gatal pada luka bekas operasi tersebut. Dimulai dari penghentian proses pendarahan, proses berikutnya yang perlu dilakukan adalah menghilangkan luka bekas operasi. Dalam prosesnya, tak jarang luka bekas operasi akan mengeluarkan rasa gatal yang luar biasa dahsyat hingga akhirnya membuat penderitanya tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips perawatan luka operasi Caesar yang bisa Anda coba sendiri.

Gunakan gel pengurang rasa gatal
Rasa gatal pasca operasi Caesar sebetulnya bisa diatasi dengan mengunakan gel. Saat ini, Anda bisa menemukan gel pengurang rasa gatal di apotik terdekat agar rasa gatal pada luka bisa berkurang. Gel tersebut biasanya akan memberikan sensasi dingin agar luka tidak terasa iritasi serta menghilangkan rasa gatal pada luka secara perlahan. Konsultasikan terlebih dahulu dalam memilih gel pengurang rasa gatal agar tidak terjadi kontraindikasi yang berbahaya bagi luka. Selain itu, aplikasikan gel secara berhati-hati agar luka tidak menjadi semakin parah. Sehingga, rasa gatal pada luka bekas operasi bisa mereda tanpa perlu membuatnya jadi semakin parah.

Cegah dehidrasi
Mencegah rasa gatal pada bekas luka operasi caesar bukan hanya bisa dilakukan dari luar saja. Sebab, dari luar kita mungkin bisa mencegah paparan hal-hal yang bisa membuat gatal seperti debu atau kotoran. Namun, bukan berarti rasa gatal hanya berasal dari luar saja karena rasa gatal juga bisa berasal dari dalam tubuh kita.

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka kulit kita akan cenderung bermasalah. Sebab, kulit akan cenderung lebih kering saat tubuh kekurangan cairan. Kulit yang kering akan lebih mudah iritasi dan mudah mengalami gatal terutama pada area bekas luka operasi Caesar. Oleh karena itu, selalu jaga asupan cairan sehari-hari agar cairan dalam tubuh kita tetap terjaga.

Disamping menghindari rasa gatal pada luka bekas operasi, anda juga perlu mengetahui bagaimana manfaat multivitamin setelah operasi. Untuk itu, sebaiknya rutinlah membaca artikel luka bekas operasi terbaru dari sumber yang terpercaya seperti guesehat.com. Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon